Sabtu, 06 Juni 2009

Akhirnya, Pembangunan Fisik Suramadu Selesai



Selesainya pembangunan Jembatan Nasional Suramadu yang menjadi penantian lama mulai terjawab sudah. Jumat tanggal 05 Juni 2009 pelaksana proyek telah menyelesaikan pembangunan fisik. Aktifitas pekerja proyek saat ini tengah merampungkan pengerjaan marka jalan pada aspal badan jalan. Dengan rampungnya pengerjaan fisik, maka saat ini pembangunan jembatan pertama di Indonesia ini progresnya telah mencapai 100%.

Setelah mencapai 100%. Mulai hari Sabtu tanggal 06Juni 2009 Jembatan Suramadu mulai disterilkan untuk persiapan peresmian pada 10 Juni mendatang. Dengan selesainya pelaksanaan fisik tersebut, sebagian rambu-rambu lalu lintas yang belum terpasang juga akan dipasang. Rambu-rambu tersebut diantaranya yang terdapat pada bentang tengah, dan jalan akses di sisi Madura. Diantara rambu-rambu tersebut, diantaranya berupa rambu-rambu larangan hewan ternak dan liar melintasi jalan akses, lebih-lebih masuk jembatan. Seperti diketahui, panjang total Jembatan Suramadu 5.438 m meliputi Causeway sisi Surabaya 1.458 m, Causeway sisi Madura 1.818 m. Sedang untuk bentang tengah panjang keseluruhan mencapai 2.162 m terdiri dari dua Approach Bridge masing-masing 672 m dan Main Bridge sepanjang 818 m. Panjang jalan pendekat di sisi Surabaya mencapai 4,35 km dan di sisi Madura 11,50 km. Proyek pembangunan jembatan suramadu mulai dikerjakan pertengahan tahun 2002.

Semoga dengan dioperasikannya Jembatan Suramadu ini dapat lebih meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Jawa Timur pada khususnya dan pertumbuhan perekonomian di Indonesia pada umumnya.